Sunday, November 28, 2010

Pengertian Informatika

Pada awalnya informasi disampaikan lewat percakapan langsung, pidato, atau obrolan. Kemudian
informasi disimpan dalam benruk tulisan, grafik, atau gambar, dan disampaikan secara tidak langsung. Penyimpanan ini kemudian berevolusi dengan pemakaian rekaman suaram film, dan video. Perkembangan teknologi komputer yang cepat serta integrasinya dengan teknologi komunikasi menghasilkan manajemen dan transmisi informasi dalam skala besar dan berkecepatan tinggi dan kemudian memasuki era informasi (informasi age) yang mempunyai dampak yang mirip dengan revolusi industri pada awal abad ke-20.

Sekarang ini banyak negara maju, terutama Amerika Serikat, telah menspesialisasikan diri dalam pengolahan informasi untuk tujuan ekspor. Perkembangan lalu-lintas informasi ini mencerminkan peran informatika dari masa ke masa.
Mengapa informatika atau ilmu informasi peru dipelajari? Hukum kedua termodinamika mengatakan bahwa entropi dari suatu benda, situasi atau keadaan dalam suatu sistem tertutup tidak pernah turun. Entropi adalah suatu ukuran tingkat ketidakteraturan. Dengan kata lain banyak orang percaya terhadap kompleksitas yang tak teratur (unorganized complexity) daru suatu sistem tertutup. Misalkan, orang-orang yang terkait dengan bisnis kehutanan makin lama makin kompleks dan tidak teratur, tidak jelas ke mana arah yang hendak dituju. Atau kalau kita amati keadaan masyarakat, kita merasa mereka cenderung makin kompleks dan makin tak terorganisasi sehingga kita semua bergerak menuju ketidakteraturan, yang kalau kita tidak bisa mengeremnya akan menjadi Chaos. Ini adalah hukum kedua termodinamika yang sampai sekarang masih terus dijadikan dasar bagi beragam analisis baik masalah biofisik maupun masalah sosial.

Meningkatnya entropi ini sejalan dengan teori informasi yang dikembangkan oleh Claude E. Shannon dan Warren Weaver pada tahun 1940-an. Shannon (1916-2001) secara luas dikenal sebagai “Bapak Teori Informasi”. Secara umum diterima bahwa teori informasi lahir dari publikasi artikel Shannon yang berjudul The Mathematical Theory of Communication di Bell System Technical Journal pada bulan Juli dan Oktober 1984.


Untuk membaca selengkapnya, anda bisa Download E-Book nya di sini:

No comments:

Post a Comment